Awal Mula Sejarah Permainan Billiard

Billiard adalah salah satu permainan olahraga yang masuk dalam kategori cabang olahraga dengan konsentrasi yang tinggi sehingga sangat dibutuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang benar serta harus didukung dengan kemampuan fisik yang prima agar mampu memainkanya lebih stabil.

Tentang asal-usul dari olahraga ini pada dasarnya sampai sekarang belum ada sumber yang pasti, namun menurut beberapa sumber terpercaya menyebut bahwa permainan ini awalnya dari perancis, italia, spanyol, dan cina. Namun ada juga yang mengatakan permainan yang biasa dimainkan di taman seperti halnya croquet (bola kriket) yang populer di Eropa Timur dan Prancis di abad ke 15, yang pada akhirnya permainan tersebut pindah kedalam ruangan dengan meja yang diberi taplak berwarna hijau mirip seperti rumput dengan pembatas kecil pada pinggiran meja. Bola-bolanya didorong dengan kayu panjang yang disebut “stik”.

Kata Billiard sendiri diperkirakan berasal dari kata “billart” yang berarti tongkat kayu atau “bille” yang artinya bola. Pada awal, permainan ini dimainkan menggunakan kedua bola pada meja yang berkantong enam dan gawang seperti di dalam permainan Croquet (Kriket) menggunakan tongkat yang lurus sebagai sasaran pantul. Setelah memasuki abad ke-18, gawang dan tongkat sasaran pun tidak lagi dipergunakan, hanya tinggal bola-bola dan kantong-kantongnya saja.

Diawal tahun 1800-an permainan ini banyak dimainkan oleh para kaum bangsawan, oleh sebab itu permainan ini pernah menjadi yang terpopuler dengan nama Noble Game of Billiards. Namun banyak juga bukti yang mengarah bahwa permainan tersebut telah dimainkan orang-orang dari berbagai tingkat sosial. Pada Tahun 1600an permainan ini juga sudah cukup terkenal. Shakespeare pun menyebut permainan ini dalam karyawanya “Antony and Cleopatra” yang pada waktu itu disebut sebagai Old Egyptian Sport.

Mingaud pula yang ternyata menemukan “Tip”, atau yang disebut dengan kulit diujung cue. Dengan tip pukulan ke bola menjadi lebih akurat dan mudah melakukan kontrol arah cue ball. Tip temuanya semakin lama mengeras dan mengurangi efektifitas pukulan sehinga perlu diganti secara berkala. Akhirnya mingaud meninggalkan penjara dan keliling perancis melakukan Eksibisi Billiard.

Jack Car, Seorang Pelatih Billiard dari inggirs berjasa menemukan teknik pukulan off-center, yaitu memukul cue ball dititik off-center untuk mendapatkan efek spin. Sekarang pukulan off center ini terkenal dengan nama English. Di Inggris pukulan ini disebut dengan SIDE. Dirinya pula yang menemukan ide untuk mengoles kapur ke permukaan tip untuk meningkatkan akurasi dari pukulan. Sepanjang tahu jack car berkeliling eropa melakukan pelatihan dan menjual magical twisting chalk temuanya dirinya.

Demikian adalah Sejarah Permainan Billiard yang kami dapat sampaikan menurut pendapat dari berbagai sumber yang terpercaya, semoga apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat bagi anda untuk mengenal lebih dalam tentang permainan billiard ini. Sekian dan Terimakasih 🙂

Leave a Comment