Persipura Jayapura baru saja resmi mengumumkan penunjukkan Jacksen F. Tiago sebagai pelatih kepala yang baru menggantikan Luciano Leandro. Jacksen sendiri bukanlah sosok yang asing bagi Persipura, karena pria asal Brasil itu pernah melatih tim Mutiara Hitam selama kurang lebih 6 tahun. Oleh sebab itu penunjukkan Jacksen kali ini tak ubahnya seperti ajang pulang kampung bagi sang pelatih.

Bersama Persipura, Jacksen memiliki banyak kenangan dan prestasi yang cukup membanggakan. Bahkan di bawah tangan dinginnya Persipura tidak pernah terlempar dari dua besar di klasemen akhir kompetisi kasta tertinggi Indonesia. Berikut adalah sederet prestasi Jacksen bersama Persipura mulai dari musim 2008 hingga 14.

ISL 2008/09

ISL 2008/09 adalah musim perdananya menangani Persipura, di mana pada saat itu Jacksen ditunjuk untuk menjadi pelatih pengganti bagi coach Raja Isa. Di musim perdananya Jacksen langsung menunjukkan keampuhan strateginya dengan mempersembahkan gelar juara ISL 2008/09. Pada musim itu Jacksen juga berhasil menciptakan trio maut di lini depan Persipura, yakni Boaz Solossa, Beto Goncalves, dan Ernest Jeremiah.

ISL 2009/10

Kemudian di musim kedua atau pada ISL 2009/10 dirinya kembali berhasil membuat Persipura menjadi salah satu tim yang sangat tangguh. Namun sayangnya kali ini Jacksen gagal mengantarkan Persipura menjadi juara setelah tertinggal 6 poin dari sang kampiun, Arema Indonesia di klasemen akhir. Meskipun gagal juara, namun tim Mutiara Hitam berhasil mengakhiri kompetisi dengan berada di urutan kedua.

ISL 2010/11

Persipura seakan langsung membayar lunas kegagalan di musim sebelumnya dengan menjadi juara ISL 2010/11, dengan koleksi 60 poin. Pada musim itu Boaz Solossa berhasil mengharumkan nama Persipura dengan menjadi top skor kompetisi dengan koleksi 22 gol.

ISL 2011/12

Bagaikan pola yang berulang, Persipura kembali gagal meraih gelar juara ISL di musim berikutnya. Pada musim itu Jacksen hanya mampu membawa Persipura menjadi runner-up kompetisi dan kalah dari Sriwijaya FC yang akhirnya dinobatkan sebagai juara. Namun lagi-lagi pada musim itu top skor diraih oleh pemain Persipura, kali ini Beto Goncalves dengan koleksi 25 gol.

ISL 2013

Sementara pada ISL 2013 coach Jacksen berhasil mengantarkan Persipura juara dengan koleksi 82 poin, unggul jauh 16 poin dari Arema FC yang berada di posisi kedua. Pada musim tersebut Boaz kembali dinobatkan sebagai top skor kompetisi.

ISL 2014

Di musim terakhir Jacksen bersama Persipura, dirinya gagal menyumbangkan gelar juara ISL 2014 setelah kalah dari Persib Bandung melalui drama adu penalti di partai puncak. Pada akhir tahun dirinya memutuskan untuk hengkang ke Penang FA, dan posisinya digantikan oleh Osvaldo Lessa.

Ingin mendapatkan lebih banyak update berita seputar sepak bola dan prediksi terpercaya? Jangan lupa untuk mengunjungi Pricla856.net setiap hari.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *