Sudah bukan hal yang aneh jika Brasil dianggap sebagai negara kiblat sepak bola dunia. Karena memang negara juara lima kali Piala Dunia itu sering kali melahirkan bakat-bakat pemain hebat dunia, mulai dari Pele, Juninho, Ronaldinho, Kaka, Neymar, hingga yang terbaru adalah Everton Soares. Ketatnya persaingan di Brasil juga membuat beberapa pemain sepak bola memilih untuk mengadu nasib dengan bermain di negara-negara lainnya, termasuk Indonesia.

Para pemain asal Brasil sering kali dianggap memiliki gaya permainan yang cocok dengan sepak bola Indonesia. Oleh sebab itu, dari dulu kompetisi sepak bola Indonesia tidak pernah kering dari kehadiran pemain asing asal Brasil. Para pemain Brasil sering kali menjadi andalan bagi klub-klubnya, sehingga semakin menambah daftar panjang para pemain asal negeri Samba yang mengadu nasib di Indonesia.

Akan tetapi ketika berhasil meraih kesuksesan di Indonesia, banyak pemain Brasil yang enggan untuk kembali ke negara asalnya dan memilih untuk meneruskan kariernya di sepak bola Tanah Air. Bahkan ada juga beberapa pemain Brasil yang ingin tinggal selamanya di Indonesia dengan cara menjadi WNI melalui jalur naturalisasi. Setidaknya sampai sejauh ini sudah ada 3 pemain yang rela menanggalkan kewarganegaraan Brasil untuk menjadi WNI, dan berikut adalah ulasan lengkapnya.

Beto Goncalves

Nama pertama adalah Alberto ‘Beto’ Goncalves, pemain asal Brasil yang sudah sekitar 10 tahun malang melintang di sepak bola Indonesia. Beto sendiri melepas kewarganegaraan Brasil dan menggantikannya dengan pasor Indonesia pada tahun 2018 yang lalu. Dinaturalisasinya Beto menjadi keuntungan tersendiri bagi lini depan Timnas Indonesia.

Dengan insting tajamnya dalam mencetak gol, Beto dipanggil untuk membela Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Kemudian dia juga dipercaya untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 silam.

Kevin Gomes de Oliveira

Kemudian ada nama Kevin Gomes de Oliveira, yang tidak lain adalah putra pelatih Gomes de Oliveira. Berbeda dengan Beto, Kevin tidak perlu menjalani proses naturalisasi untuk menjadi WNI. Karena memang Kevin sejak lahir sudah terdaftar sebagai WNI, meskipun memiliki darah Brasil dari sang ayah.

Melihat kondisi yang ada tentu saja Kevin memiliki peluang untuk membela Timnas Brasil. Namun dia lebih memilih untuk memperkuat Timnas Indonesia, dan dia sendiri pernah mendapat panggilan untuk memperkuat tim Garuda U-22.

Otavio Dutra

Otavio Dutra menjadi pemain terbaru yang rela melepas kewarganegaraan Brasil dan menggantikannya dengan status WNI. Hal itu dia lakukan sebagai bentuk kecintaannya terhadap Indonesia. Kini Dutra hanya tinggal menunggu Keppres untuk benar-benar mendapatkan status sebagai WNI.

Ingin mendapat tambahan penghasilan? Langsung saja mainkan casino di SBOBET dengan klik 988bet.org.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *