Laga pekan ke-11 Liga 1 2019 antara Persela Lamongan melawan Borneo FC menyisakan sejumlah drama yang berujung pada pecahnya kericuhan di akhir laga. Setelah wasit Wawan Rapiko meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, ribuan suporter Persela yang memadati tribun Stadion Surajaya, Lamongan langsung merangsek ke tengah lapangan dan mengejar wasit Wawan karena tidak puas dengan keputusannya, yang memberikan hadiah penalti kepada tim tamu Borneo FC di penghujung laga.

Itu bukan satu-satunya insiden kontroversial yang mewarnai pertandingan tersebut. Karena di sepanjang laga setidaknya ada 3 keputusan kontroversial yang dibuat oleh Wawan, dan berikut adalah ulasan lengkapnya.

Penalti Borneo FC

Wawan Rapiko menunjuk titik putih pertanda hadiah penalti untuk Borneo FC di menit ke-88, setelah kiper Persela, Dwi Kuswanto menanduk pemain Borneo FC, Wahyudi Hamisi di dalam kotak penalti. Keputusan itu pun langsung diprotes Persela, karena merasa bahwa bola sudah dalam penguasaan penuh Dwi Kuswanto sehingga tidak layak untuk diberikan penalti.

Padahal merujuk pada law of the game FIFA telah dijelaskan bahwa apa yang dilakukan oleh Dwi Kuswanto termasuk dalam violent conduct atau tindakan kekerasan. Berdasarkan peraturan tersebut, wasit berhak memberikan tendangan bebas, tendangan bebas tidak langsung, atau tendangan penalti jika kekerasan terjadi di dalam kotak penalti tim yang sedang bertahan.

Kartu Merah Wahyudi Hamisi

Sebagai korban atas tindak kekerasan Dwi Kuswanto, Wahyudi justru harus mendapat kartu merah pada pertandingan tersebut. Hal itu pun diprotes oleh pihak Borneo FC, karena dengan kartu merah tersebut bisa dipastikan membuat Wahyudi absen di pertandingan selanjutnya.

Pertandingan Molor

Protes keras dan diskusi alot yang mewarnai hadiah penalti untuk Borneo FC membuat pertandingan molor. Ketidaktegasan Wawan Rapiko membuat pertandingan harus molor hingga berakhir pada menit 122. Sementara penalti yang awalnya diprotes kubu Persela baru bisa dilangsungkan pada menit ke-155 dan dieksekusi dengan sempurna oleh Lerby Eliandry untuk mengubah skor menjadi 2-2.

Suka bermain judi online dan ingin mendapat lebih banyak keuntungan? Langsung saja kunjungi 988bet.net dan mainkan di SBOBET.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *